Pentingnya Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM): Sosialisasi di Kecamatan Harau, Payakumbuh

Authors

  • Desrir Miftah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Julina Julina Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-5942-9328
  • Nurlasera Nurlasera Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Qomariah Lahamid Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-7303-5800
  • Rimet Rimet Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Alchudri Alchudri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, Indonesia

Keywords:

Pelaku UKM, Sistem Akuntansi, Sosialisasi

Abstract

Lembah Harau sebagai daerah tujuan wisata yang sangat berkembang dan ramai dikunjungi wisatawan. Salah satu potensi yang ada adalah terdapatnya banyak sekali UMKM yang juga tumbuh dilokasi tersebut, khususnya dikecamatan Harau. Faktor penting untuk menjalankan usaha UKM yang tidak boleh dolewatkan olek UKM adalah masalah pembukuan karena salah satu penyebab UKM sulit berkembang adalah sistem akuntansi yang buruk pada UKM tersebut. Maka untuk dipandang perlu untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk sosialisasi tentang pentingnya pembukuan sederhana bagi pengusaha UKM dan memberikan pemahan singkat tentang sistem akuntansi sederhana yang diperlukan oleh UKM tersebut. Kelompok sasaran kegiatan adalah pelaku UKM di Kecamatan Haruu. Metode sosialisasi dalam bentuk ceramah, studi kasus dan diskusi. Kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dasar akuntansi bagi pelaku UKM sehingga akan membantu UKM untuk semakin tmbuh dan berkembang. 

Author Biographies

Julina Julina, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, Indonesia

 

 

Nurlasera Nurlasera, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, Indonesia

 

 

Qomariah Lahamid, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, Indonesia

 

 

Rimet Rimet, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, Indonesia

 

 

Alchudri Alchudri, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, Indonesia

 

 

References

Adino, I. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman Pelaku Umkm Terhadap Sak Emkm: Survey Pada Umkm Yang Terdaftar Di Dinas Koperasi Dan Ukm Kota Pekanbaru. Jurnal Akuntansi Kompetif, 2(3), 84-94.

Ayem, S., & Prihatin, R. (2020). Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah dan Tax Planing terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Kasus UMKM di Kota Yogyakarta). Jurnal Akuntansi Profesi, 11(1), 115-125.

BisnisUKM.com. (2015). Pentingnya manajemen keuangan bisnis bagi UKM. Diakses di https://bisnisukm.com/pentingnya-manajemen-keuangan-bisnis-bagi-ukm.html.

Haluannews.com. (2018). Pentingnya manajemen keuangan bagi pelaku usaha Diakses di http://haluannews.com/read/18531/pentingnya-manajemen-keuangan-bagi-pelaku-usaha.html.

Handayani, T., Rahmi, M., & Fathoni, M. A. (2021). Pemberdayaan Pelaku Ekonomi Usaha Mikro Terdampak Covid-19 di Kelurahan Pangkalan Jati Jakarta Selatan. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 6-13.

Hapsari, D. P., Andari, A., & Hasanah, A. N. (2017). Model pembukuan sederhana bagi usaha mikro di Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 4(2).

Hasyim, D. (2013). Kualitas Manajemen Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm)(Studi Kasus Pada Distribution Store (Distro) Di Kota Medan). Jurnal Jupiis, 5(2).

Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 1998 Tentang bidang/jenis usaha yang dicadangkan untuk usaha kecil dan bidang/jenis usaha yang terbuka untuk usaha menengah atau usaha besar dengan syarat kemitraan,

Machfuzhoh, A., & Widyaningsih, I. U. (2020). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi UMKM Menuju UMKM Naik Kelas Di Kecamatan Grogol. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (JANAYU), 1(2).

Sari, R. I. K., Hanum, L., & Wirsa, R. F. (2020). Analisis kepuasan pengunjung kawasan wisata lembah harau kabupaten limapuluh kota. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 17(1), 11-18.

Umami, N. (2019). Peran Manajemen Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Batik Dalam Memajukan Sektor Kewirausahaana. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 3(1), 1.

Wahyuningsih, E. D., Setiawati, I., & Prasojo, T. A. (2017, October). Pemberdayaan pelaku usaha mikro dengan memberikan pelatihan pembukuan sederhana di Desa Bangunrejo Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1).

Wardiningsih, R., Wahyuningsih, B. Y., & Sugianto, R. (2020). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha Kecil (Mikro) Di Dusun Bore Desa Kopang Rembiga Kecamatan Kopang Lombok Tengah. PENSA, 2(2), 163-172.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Miftah, D., Julina, J., Nurlasera, N., Lahamid, Q., Rimet, R., & Alchudri, A. (2024). Pentingnya Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM): Sosialisasi di Kecamatan Harau, Payakumbuh. Community Insight: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 13–20. Retrieved from https://icess.uin-suska.ac.id/index.php/cijpm/article/view/100