Memperkuat Ekonomi Keluarga: Pendampingan dan Pelatihan Tata Boga untuk Pemberdayaan Masyarakat di Tangkerang Barat
Keywords:
Pendampingan, Pemberdayaan Masyarakat, Pelatihan Tata Boga, Pendapatan KeluargaAbstract
Pemberdayaan masyarakat merupakan suatu upaya untuk menumbuhkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat dalam mengenali, memelihara, melindungi dan meningkatkan kesejahteraan mereka sendiri. Pengabdian masyarakat berbasis penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Tangkerang Barat Kecamatan Marpoyan Damai dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang yang terdiri dari pelaku UMKM. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa program pendampingan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan tata boga tentang produk makanan dalam meningkatkan pendapatan keluarga sangat bermanfaat dan terlihat dari antusias peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut. Disamping itu kegiatan pendampingan ini juga dapat meningkatkan wawasan pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka pada masa yang akan datang.
References
Asmara, A. A. (2004, October). Pola Pemasaran Yang Efektif Untuk UKM. In Makalah disampaikan pada Seminar UKM Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Dalam Rangka Menghadapi Persaingan Global, Yogyakarta (Vol. 2).
Darmawansyah, D. (2003). Pengembangan Komoditi Unggulan Sebagai Basis Ekonomi Daerah. Tesis S-2 Program Pasca Sarjana IPB. Bogor.
Fahrudin, A. (2012). Pemberdayaan, Partisipasi dan Penguatan Kapasitas Masyarakat. Bandung: Humaniora.
Hikmat, H. (2006). Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Humaniora.
Mardikanto, T. (2014). CSR (Corporate Social Responsibility)(Tanggungjawab Sosial Korporasi). Bandung: Alfabeta.
Martono, T. (2016). Model Pembelajaran untuk SMK Program Keahlian Tata Boga Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif.
Najiati, Sri, dkk. (2005). Pemberdayaan Masyarakat di Lahan Gambut. Bogor: Wetlands International.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2014
Riyadi, R. (2003). Kebiasaan makan masyarakat dalam Kaitannya dengan Penganekaragaman Konsumsi Pangan. Prosiding Simposium Pangan dan Gizi serta Konggres IV Bergizi dan pangan Indonesia. Jakarta.
Suharto, E. (2009). Membangun masyarakat memberdayakan rakyat. Bandung: Refika Aditama.
Tjiptono, Fandy. (2011). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta : ANDI.