The Influence of Financial Literacy, Financial Education, Socioeconomic Status and Lifestyle on Personal Financial Management of Generation Z in Pekanbaru City
Keywords:
financial literacy, financial education, socio-economic status, lifestyle, personal financial managementAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecenderungan konsumerisme Generasi Z yang menyebabkan mereka kesulitan dalam mengelola keuangan pribadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh literasi keuangan, edukasi keuangan, status sosial ekonomi, dan gaya hidup terhadap pengelolaan keuangan pribadi pada Generasi Z di Kota Pekanbaru. Populasi fokus dalam analisis kuantitatif ini adalah 169.276 individu Generasi Z berusia 17-27 tahun di Kota Pekanbaru. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan quota sampling, dengan jumlah responden sebanyak 210 orang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan, edukasi keuangan, dan status sosial ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan pribadi. Sebaliknya, gaya hidup berpengaruh negatif terhadap pengelolaan keuangan pribadi Generasi Z di Kota Pekanbaru. Nilai R Square sebesar 0,584 atau 58,4% menunjukkan bahwa variabel dependen dalam penelitian ini dipengaruhi oleh literasi keuangan, edukasi keuangan, status sosial ekonomi, dan gaya hidup, sedangkan sisanya sebesar 41,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
References
Ariyani, D. (2018). Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Purwokerto. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(2), 175-190.https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i2.2100
Aseng, A. C. (2020). Factors Influencing Generation Z Intention in Using FinTech Digital Payment Services. CogITo Smart Journal, 6(2), 155–166.
Hariyani R. (2022). Urgensi Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19 di Indonesia. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 6(1), 46–54. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/widyacipta.v6i1.12234
Huston, S. J. (2010). Measuring Financial Literacy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 296–316. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01170.x
KoranSINDO. (2019). Literasi Keuangan Harus Diajarkan Sejak Dini.
Margareitha, F., & Pambudhii, R. A. (2015). Tiingkat Liiteirasii Keiuangan pada Mahasiiswa S1 Fakultas Eikonomii. Jurnal Manajeimein dan Keiwiirausahaan, 17(1), 76–85.
OCBC NISP Financial Fitneiss Indeix. (2021). ocbc-fei. https://www.ruangmeinyala.com/reisourceis/guideibook/ocbc-nisp-financial-fitneiss-indeix-2021
Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Resesi Ekonomi? Apa itu? Sikapiuangmu.Ojk.Go.Id. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20618
Remund, D. L. (2010). Financial Literacy Explicated: The Case for a Cleaner Definition in an Increasingly Compex Economy. Jurnal of Consumer Affairs, 44(2).
Saiifii, S., & Meihmood, T. (2011). Eiffeicts Of Sociioeiconomiic Status On Studeints Achiieiveimeint. Apriil, 119–128.
Sladek, S., & Grabinger, A. (2014). Gen Z. Introducing the First Generation of the 21st Century Available At.
Widayati, I. (2014). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua , Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga , dan Pembelajaran di Perguruan Tinggi terhadap Literasi Finansial Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(2), 176–183.
Zhao, H., & Zhang, L. (2020). Talking money at home: the value of family financial socialization. International Journal of Bank Marketing, 38(7), 1617–1634. https://doi.org/10.1108/IJBM-04-2020-0174
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Saptina Norfadila, Ummi Rachmah Damayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.