The Influence of Financial Literacy, Financial Education, Socioeconomic Status and Lifestyle on Personal Financial Management of Generation Z in Pekanbaru City

Authors

  • Saptina Norfadila Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ummi Rachmah Damayanti Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

financial literacy, financial education, socio-economic status, lifestyle, personal financial management

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecenderungan konsumerisme Generasi Z yang menyebabkan mereka kesulitan dalam mengelola keuangan pribadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh literasi keuangan, edukasi keuangan, status sosial ekonomi, dan gaya hidup terhadap pengelolaan keuangan pribadi pada Generasi Z di Kota Pekanbaru. Populasi fokus dalam analisis kuantitatif ini adalah 169.276 individu Generasi Z berusia 17-27 tahun di Kota Pekanbaru. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan quota sampling, dengan jumlah responden sebanyak 210 orang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan, edukasi keuangan, dan status sosial ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan pribadi. Sebaliknya, gaya hidup berpengaruh negatif terhadap pengelolaan keuangan pribadi Generasi Z di Kota Pekanbaru. Nilai R Square sebesar 0,584 atau 58,4% menunjukkan bahwa variabel dependen dalam penelitian ini dipengaruhi oleh literasi keuangan, edukasi keuangan, status sosial ekonomi, dan gaya hidup, sedangkan sisanya sebesar 41,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

References

Ariyani, D. (2018). Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Purwokerto. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(2), 175-190.https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i2.2100

Aseng, A. C. (2020). Factors Influencing Generation Z Intention in Using FinTech Digital Payment Services. CogITo Smart Journal, 6(2), 155–166.

Hariyani R. (2022). Urgensi Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19 di Indonesia. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 6(1), 46–54. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/widyacipta.v6i1.12234

Huston, S. J. (2010). Measuring Financial Literacy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 296–316. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01170.x

KoranSINDO. (2019). Literasi Keuangan Harus Diajarkan Sejak Dini.

Margareitha, F., & Pambudhii, R. A. (2015). Tiingkat Liiteirasii Keiuangan pada Mahasiiswa S1 Fakultas Eikonomii. Jurnal Manajeimein dan Keiwiirausahaan, 17(1), 76–85.

OCBC NISP Financial Fitneiss Indeix. (2021). ocbc-fei. https://www.ruangmeinyala.com/reisourceis/guideibook/ocbc-nisp-financial-fitneiss-indeix-2021

Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Resesi Ekonomi? Apa itu? Sikapiuangmu.Ojk.Go.Id. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20618

Remund, D. L. (2010). Financial Literacy Explicated: The Case for a Cleaner Definition in an Increasingly Compex Economy. Jurnal of Consumer Affairs, 44(2).

Saiifii, S., & Meihmood, T. (2011). Eiffeicts Of Sociioeiconomiic Status On Studeints Achiieiveimeint. Apriil, 119–128.

Sladek, S., & Grabinger, A. (2014). Gen Z. Introducing the First Generation of the 21st Century Available At.

Widayati, I. (2014). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua , Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga , dan Pembelajaran di Perguruan Tinggi terhadap Literasi Finansial Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(2), 176–183.

Zhao, H., & Zhang, L. (2020). Talking money at home: the value of family financial socialization. International Journal of Bank Marketing, 38(7), 1617–1634. https://doi.org/10.1108/IJBM-04-2020-0174

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Norfadila, S., & Damayanti, U. R. (2024). The Influence of Financial Literacy, Financial Education, Socioeconomic Status and Lifestyle on Personal Financial Management of Generation Z in Pekanbaru City. Proceeding International Conference on Economic and Social Sciences, 2, 860–872. Retrieved from https://icess.uin-suska.ac.id/index.php/1/article/view/188

Issue

Section

Articles