The Influence of Marketplace and Lifestyle on Consumer Impulse Buying Behavior of UIN Ar-Raniry Aceh Students

Authors

  • Jalaluddin Hoessien Uin Ar-Raniry Faculty of Islamic Economics and Business
  • Ayumiati Uin Ar-Raniry Faculty of Islamic Economics and Business
  • Muhammad Fitrah Insani Uin Ar-Raniry Faculty of Islamic Economics and Business
  • Naufal Yafi Ghifarinanda Uin Ar-Raniry Faculty of Islamic Economics and Business

Keywords:

marketplace, lifestyle, and impulsive buying

Abstract

Perkembangan era globalisasi yang didukung oleh kemajuan teknologi semakin pesat. Terutama dengan maraknya perkembangan marketplace di Indonesia. Salah satu fungsi marketplace adalah sebagai media untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk gaya hidup. Kemudahan akses yang ditawarkan memungkinkan pengguna membuka marketplace di mana saja, serta ragam produk dan penawaran menarik yang tersedia dapat mendorong mahasiswa secara tidak sadar melakukan pembelian impulsif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Marketplace dan Lifestyle terhadap Prilaku Impulse Buying Konsumen Mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Aceh. Pendekatan yang digunakan peneliti ialah pendekatan kuantitatif. Pengujian hipotesis menggunakan metode analisis regresi linear berganda dan pengujian asumsi klasik terhadap 112 responden. Jenis data yang dikumpulkan adalah data primer dengan pembagian kuesioner melalui google form kepada para mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Aceh. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa secara parsial variabel marketplace berpengaruh secara signifikan terhadap impulsive buying dan variabel lifestyle juga berpengaruh secara signifikan terhadap impulsive buying. Selanjutnya secara simultan variabel marketplace dan lifestyle berpengaruh positif terhadap impulsive buying.

Author Biographies

Jalaluddin Hoessien, Uin Ar-Raniry Faculty of Islamic Economics and Business

 

   

Ayumiati, Uin Ar-Raniry Faculty of Islamic Economics and Business

 

 

Muhammad Fitrah Insani, Uin Ar-Raniry Faculty of Islamic Economics and Business

 

 

Naufal Yafi Ghifarinanda, Uin Ar-Raniry Faculty of Islamic Economics and Business

 

   

References

Afifah, P., Herawati, N., & Rahma, A. (2021). Dampak Gaya Hidup Modern Ibu Rumah Tangga Menurut Ekonomi Islam ( Studi Kasus Desa Sadar Sriwijaya, Kec. Bandar Sribawono kab. Lampung Timur). Jurnal Pemikiran Ekonomi, 01, 1–9.

Aliansya, I., & Nurhadi. (2022). Pengaruh Influencer Media Sosial dan Testimoni terhadap Minat Beli Produk Erigo di Marketplace Indonesia. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(2), 843–856. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i2.1350

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aulianingrum, R. D., & Rochmawati. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Dan Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 15(2), 198–206. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i2.24894

Dewa, B. P., & Setyohadi, D. B. (2017). Analisis Dampak Faktor Customer Relationship Management Dalam Melihat Tingkat Kepuasan Dan Loyalitas. Teknik Informatika, 14(01), 33–38.

Hartanti, D. N., Lestari, D. P., & Sanjaya, V. (2022). Pengaruh Shopping Lifestyle , Discount Dan Promosi Penjualan Terhadap Implusive Buying Produk Di Cordy Butik Bandar Lampung. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan Dan Akuntansi (MEKA), 3(1), 377–384.

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143

Kasanah, U., & Fikriyah, K. (2021). Determinan Impulsive Buying Behavior Pembelian Produk Fashion Muslim Pada Marketplace Era New Normal Di Madiun. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(3), 53–68. https://doi.org/10.26740/jekobi.v4n3.p53-68

Khair, A., Kurniawati, Yustika, R. L., & Rohmah, S. (2023). Pengaruh Hedonic Motivation Dan Utilatarian Motivation Terhadap Impulsive Buying Pada Pengguna E-Commerce. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi), 10(1), 13–30. www.databoks.katadata.co.id

Kusnadi, H. A., Nurbaiti, & Yanti, N. (2023). Pengaruh Layanan Internet Banking , Mobile Banking , Dan Automatic Teller Machine ( ATM ) Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Bank Syariah Di Indonesia ( Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Angkatan 2019 ). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonom, 2(1), 69–85.

Liantifa, M., & Haryono, G. (2022). Discount, Promotion Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Online Shop. E-Journal Al-Dzahab, 3(1), 10–20. https://doi.org/10.32939/dhb.v3i1.1033

Nurfitriani, N., Rusniati, R., & Sappeami, S. (2023). Pengaruh Religiusitas, Lingkungan Dan Pola Konsumsi Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslimah Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Datokarama Palu. Ekobis Syariah, 7(1), 34. https://doi.org/10.22373/ekobis.v7i1.18079

Oktavia, A., Huliatunisa, Y., Rahman, A., Alia, F., Hadisumarno, R., & Agustina, N. (2022). Meningkatkan Perilaku Gaya Hidup Sehat di Masa Pandemi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4095–4105. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3511

Pusparini, S., & Soelistyowati, R. D. (2023). Online Shopping Consumptive Behavior ( Content Analysis of Comments on Twitter Account @ RacunBelanja Period 1-31 December 2022 ) Perilaku Konsumtif Berbelanja Online ( Analisis Isi Komentar dalam Akun Twitter @ RacunBelanja Periode 1-31 Desember 2022 ). Formosa Journal of Sustainable Research, 2(4), 843–856.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian Bisnis: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiani, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak Pada Loyalitas Pelanggan Produk Hydro Coco PT Kalbe Farma. Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis., Vol. 2. No(1), pp-18-28.

Syauqi, A., Lubis, F. A., & Atika. (2022). Pengaruh Cashback, Flash Sale, Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Impulse Buying Konsumen Generasi Z Pada Shopee. JURNAL MANAJEMEN AKUNTANSI (JUMSI), 33(1), 1–12.

Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746

Widyayanti, E. R. (2019). Terhadap peningkatan pendapatan pada ukm (studi pada ukm di daerah istimewa yogyakarta). Jurnal Optimum, 9(1), 1–14.

Winata, R., Khairunnisa, R., & Vicky F Sanjaya, M. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Dana KIP-K Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Mahasiswa Dalam Prespektif Ekonomi Islam (Studi Pada Mahasiswa Penerima KIP- K UIN Raden Intan Lampung). Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 4(1), 8–14. https://doi.org/10.57084/bej.v4i1.1037

Downloads

Published

2024-12-10

How to Cite

Hoessien, J., Ayumiati, Muhammad Fitrah Insani, & Naufal Yafi Ghifarinanda. (2024). The Influence of Marketplace and Lifestyle on Consumer Impulse Buying Behavior of UIN Ar-Raniry Aceh Students. Proceeding International Conference on Economic and Social Sciences, 2, 382–394. Retrieved from https://icess.uin-suska.ac.id/index.php/1/article/view/179

Issue

Section

Articles